Alhamdulillah Raih Kemenangan dalam Ajang Mobile Edukasi 2020

Alhamdulillah🏆menjadi salah satu kontributor terpilih dalam Lomba Aplikasi Mobile Ki Hajar Tingkat Nasional 

Lomba ini diikuti sebanyak 699 peserta dari Guru semua jenjang, baik SD, SMP, SMA/sederajat , ataupun peserta umum dengan 15 juri profesional. 

Para peserta saling beradu inovasi, imajinasi, dan kreativitas dalam mengembangkan aplikasi mobile Android yang tidak hanya kompetibel untuk semua device, tetapi juga desain komunikasi visual, animasi dan mempunyai nilai pelajaran dan pendidikan. Berikut aspek penilaiannya

  • Tanpa kesalahan program / bebas bug
  • Kemudahan pengoperasian.
  • Kompleksitas fungsi dan fitur.
  • Keunikan dan keselarasan penyajian materi.
  • Kelengkapan komponen menu.
  • Keunikan penyajian dan kelancaran tampilan Media.
  • Keselarasan icon dengan fungsi.
  • Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.
  • Cakupan materi
  • Kesesuaian tujuan dengan isi materi 


RINCIAN KEGIATAN 

Seleksi kontributor merupakan tahap seleksi untuk menentukan karya terbaik yang layak masuk babak selanjutnya dan di-publish sebagai konten Bahan Ajar di website resmi BPMPK. Proses seleksi kontributor ini dilakukan dengan cara mencoba langsung karya yang dinilai melalui tablet atau smartphone.

PERSIAPAN SELEKSI KONTRIBUTOR

  1. Penyeleksi dibagi menjadi 4 kategori, untuk setiap kategori dibagi menjadi beberapa tim tergantung jumlah karya yang masuk.
  2. Setiap Tim Seleksi menggunakan notebook dan smartphone yang berisi karya untuk dinilai
  3. Selektor terdiri atas tim yang memiliki kemampuan dan kapabilitas yang layak. 
  4. Penyeleksi dibagi menjadi 3 aspek yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Materi dan Desain Pendidikan (MDP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV). 

LANGKAH PENILAIAN

Tahap 1 (Pra Seleksi Kontributor)

Penyeleksi memeriksa kelengkapan dokumen yang dikirimkan meliputi : 

  • Identitas Peserta: memeriksa kesesuaian identitas dengan kategori
  • File dan Dokumen Pendukung Kartu identitas, icon, screenshot, dan lain-lain.
  • Video Preview: Mencermati kemenarikan aplikasi melalui video yang dikirim peserta.
  • Aplikasi: menginstal dan mengeksplorasi secara singkat menggunakan device yang sesuai tanpa emulator

Tahap 2 (Seleksi Karya Terbaik) 

  1. Penyeleksi melakukan pengujian karya pada perangkat mobile yang tersedia dan mencoba berbagai fungsi dan tampilan yang ada pada aplikasi tersebut.
  2. Penyeleksi memberikan penilaian dan catatan, baik catatan positif atau catatan negatif pada lembar instrumen seleksi karya untuk setiap karya yang dinilai.
  3. Penyeleksi melakukan sidang pleno per kategori untuk menentukan peringkatnya dan menentukan target 25 karya terbaik sesuai kriteria dan ketentuan yang ditetapkan sebagai kontributor konten.
  4. Selanjutnya dari target 25 karya tersebut akan dipilih 10 besar untuk maju ke tahap selanjutnya dalam acara Seleksi Karya Terbaik 
  5. Seluruh tim seleksi kontributor menandatangani berita acara keputusan sidang pleno untuk menentukan karya yang masuk 25 besar per kategori.


Comments

Terima kasih telah berkunjung di blog Expert Educator. Silahkan tinggalkan komentar Anda atau Silahkan share bila dirasa bemanfaat
Salam Pendidikan.